TIPS-TIPS AMAN DALAM BEKERJA PADA PERALATAN LISTRIK

Beragam perlengkapan yang digerakkan oleh tenaga listrik atau desakan hawa, kecelakaan dapat disebabkan karena sentuhan atau akibat kelalaian dalam bekerja dengan perlengkapan listrik. Hal semacam ini bisa dipahami karena umumnya alat-alat itu mempunyai kemampuan yang besar, baik berupaputaran ataupun desakan. oleh karenanya, sangatberbahaya jika kita kurang mengerti ketetapan mengenai keselammatan kerja.



Perhatikan beberapa tips tersebut berikut ini, apabila kita akan mengawali suatu hal pekerjaan untuk menghindarikecelakaan dan kemungkinan yang lain.


  1. Kenali perlengkapan dan janganlah coba-coba. Janganlah memakai perlengkapan yang digerakkan oleh tenaga listrik atau desakan hawa apabila belum tau. Karena akan membahayakan jiwa atau barang.
  2. Meyakini kalau perlengkapan bekerja baik. Perlengkapan akan bekerja baik jika dirawat. Kabel yang mengelupas dapa mengakibatkan jalinan pendek atau kebakaran. (Jalinan singkat/korslet)
  3. Bekerja dengan penuh perhatian. Bekerjalah dalam kondisi tenang janganlah bingun atau fikiran kalut (konsentrasikan fikiran hanya untuk pekerjaan saja).
  4. Memakai alat pelindung. Pakai alat pelindung tubuh, jangan pernah berlangsung kecelakaan. Gunakan Sepatu safety anti listrik dan baju pelindung, helm safety dll.
  5. Bumikan semuanya alat-alat listrik. Menghbungkan ke bumi semuanya perlengkapan listrik yang memakai sumber daya adalah satu yang begitu perlu, bagaimanapun apabila tak hati-hati maka arus listrik bisa menyebabkan kematian.
  6. Janganlah menarik-narik kabel listrik. Apabila kabel listrik pada saat memakai stiker, ditarik akan menyebabkan serabut kawat terputus.
  7. Janganlah bekerja seseorang diri
  8. Bekerjalah dengan satu tangan. Apabila bekerja pada perlengkapan listrik tsb upayakan memakai satu tangan. tangan yang stu lagi masuk dalam saku. Tujuannya supaya apabila berlangsung aliran listrik pada tangan kanan, tak mengalir ke tangan kiri lewat jantung.
  9. Janganlah meraba-raba perlengkapan yang memakai tegangan listrik
  10. Janganlah memakai perlengkapan listrik dengan perlengkapan yang gampang terbakar
  11. Saksikan prosedur penggunaan
  12. Janganlah melakukan perbaikan perelatan listrik yang masihlah bertegangan
  13. Check semuanya perlengkapan listrik sebelumnya digunakan
  14. Berhati-hatilah.


Berhati-hatilah setiap waktu adalah kunci keamanan kerja, janganlah lakukan kelalaian dalam lakukan pekerjaan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "TIPS-TIPS AMAN DALAM BEKERJA PADA PERALATAN LISTRIK"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top